Total Pageviews

Wednesday, June 29, 2011

PEGAGAN


Pegagan atau sering disebut Antanan yang mempunyai nama latin Centella asiatica sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan sebagai nutrisi  otak. Pegagan kaya antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas, yaitu senyawa radikal pencetus penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes/kencing manis, gangguan jantung, stroke dan parkinson. Anti oksidan yang terkandung dalam pegagan menyokong dan memperkuat kelangsungan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit degeberatif.

Beberapa manfaat dari tanaman Pegagan;
  1. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dan kewaspadaan.Pegagan mengandung senyawa karetenoid dan asiatikosida yang dapat merangsang produksi enzim antioksidan dalam tubuh.sifat asiatikosida yang terdapat dalam pegagan juga dapat mervitalisasi pembuluh darah, membantu kelancaran sirkulasi oksigen dan nutrisi, serta melindungi dari kerusakan sel-sel otak.

2. AntiHipertensi, mencegah dan membantu proses penyembuhan Hipertensi, karena pegagan mengandung asiatikosida dan fenol yang berefek hipotensif.

3. Meningkatkan ketajaman mata (visus), pegagan mengandung karotenoid yang dapat membantu mempertajam pandangan mata, zat tersebut akan dirubah oleh tubuh menjadi vitamin A sesuai dengan kebutuhan.

4. Menambah kesuburan wanita

5. Sebagai anti lepra. ini adalah manfaat lain dari senyawa asiatikosida

Search This Blog